Senin, 10 Juni 2013

MANFAAT DAUR ULANG BOTOL PLASTIK

Botol plastik dapat ditemukan hampir di mana saja di Bumi. Memang botol plastik sangat berguna yang hampir semua minuman cair atau produk pangan dapat ditemukan dijual dalam botol plastik.

Botol Plastik secara umum diterima menjadi alternatif yang lebih baik sebagai tempat minuman ringan dan minuman olahraga.

recycling plastic water bottles

Tapi air kemasan tidak dianggap sehat bagi lingkungan. Bagian yang buruk bagi lingkungan adalah bagian botol plastik.


Jadi mengapa kita mendaur ulang? Praktek memulihkan sampah plastik dan pengolahan bahan-bahan ini menjadi produk baru yang disebut daur ulang.

Daur ulang memanfaatkan bahan-bahan yang pada akhir masa manfaat mereka yang dinyatakan akan ditambahkan ke aliran limbah dan berakhir di landfill atau di laut dan di pantai.

Botol plastik daur ulang merupakan bagian tak terpisahkan dan di mana-mana dari kehidupan kita. Mereka ringan dan hampir bisa dipecahkan bila digunakan untuk tujuan yang dirancang mereka. Ini juga merupakan alasan mengapa plastik dan botol plastik account untuk sebagian besar limbah yang dihasilkan oleh masyarakat sekali pakai kita. Botol plastik adalah barang-barang plastik daur ulang yang paling tapi masih tingkat daur ulang hanya sekitar 24 persen.

Apa manfaat untuk daur ulang botol plastik?

Konservasi Minyak. Ketika satu ton botol plastik yang didaur ulang sekitar 3,8 barel minyak disimpan.

 Pengurangan emisi gas rumah kaca. Substitusi bahan daur ulang mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dalam pembuatan bahan perawan.

Memberi ruang TPA. Tidak memiliki jutaan botol plastik dalam hasil TPA dalam penghematan sebesar 6,7 meter kubik ruang TPA yang pada premium sekarang. Botol plastik juga mengambil rata-rata 500 tahun untuk terurai.

Konservasi Energi. Botol minuman terbuat dari polyethylene terephthalate atau PET. Daur ulang dari satu pon hasil PET dalam penghematan sekitar 12.000 BTU (British Thermal Unit).

Manfaat Reuse. Botol daur ulang dapat menyediakan sumber ramah lingkungan dari bahan untuk pembuatan produk baru dan pengganti bahan daur ulang untuk bahan baru.

Apakah Daur Ulang Botol Plastik layak secara ekonomi?

Sampai saat ini ada masih terus diskusi dan perdebatan apakah daur ulang botol plastik layak secara ekonomi. Unit pemerintah daerah dan kota sebagian besar melihat manfaat fiskal daur ulang botol plastik karena penghematan dalam ruang TPA dan biaya TPA berkurang.

Statistik dari Technical University of Denmark studi menunjukkan bahwa daur ulang masih merupakan metode yang paling efisien untuk membuang limbah rumah tangga di 83 persen dari semua kasus. Kritik daur ulang sering mengklaim bahwa lebih banyak sumber daya yang terbuang dalam daur ulang daripada disimpan. Namun daur ulang kota masih bermanfaat jika biaya kebersihan tidak melebihi TPA atau biaya pembuangan lainnya.

1 komentar: